Tuesday, March 12, 2019

Ghosting

Bagi yang ngga tau apa itu ghosting, itu tindakan tiba-tiba pergi dari suatu hubungan tanpa kabar. Yak, siapa yang pernah begini atau diginiin?

Ini tindakan yang umum, banyak banget yang ngelakuin. 
Pertanyaannya, is it appropriate/acceptable?

Awalnya aku langsung bilang 'ngga lah, nyebelin banget tiba-tiba pergi ngga bilang-bilang'.. Tapi trus aku mikir.. wait, aku juga pernah ghosting ternyata.. jadi aku menyimpulkan kalau the appropriateness of ghosting depends on the relationship intensity. Eh yaampun, berasa judul skripsi~
1. Hubungannya udah intens
Intens itu seperti daily phone call/meeting selama beberapa minggu. Kalau dihubungan ini dia/kamu ghosting, itu kurang pas. Karena dalam hubungan yang udah tiap hari ketemu/telp itu udah ada sinyal implicit kalau sama-sama nyaman dan kalau tiba-tiba hilang tanpa kabar itu pasti membingungkan buat yang ditinggal. Dalam hubungan ini, keduanya udah invest banyak dan probably berharap banyak juga. Jadi, kalau pergi, akan lebih dihargai klo bilang dulu. Dengan bilang dulu sebelum pergi ini juga artinya orang yang pergi menghargai orang yang ditinggal. Orang yang pergi mikir 'he/she deserve to know'. Tapi kalau dia ghosting, he/she is not worth your attention. Kalau butuh penjelasan/closure, bisa dicoba ditanyain.. Tapi kalau ngga didapet juga, yasudah, give it up.
2.  Hubungannya masih ditahap awal
Misalnya, masih baru chat aja atau ngedate 1-3 kali. Kalau dihubungan ini, rasanya wajar klo ada yang ghosting. Karena masing-masing masih 'test the water'. Mungkin masih ada yang mikir ini sekedar teman. jadi kalau mau pergi harus bilang, malah bakal aneh. Ada kemungkinan yang ditinggal bilang 'emang kita deket?' dan ternyata kedekatannya hanya ilusi semata~ hahaha. Dan yang ditinggal pun ngga bakal pusing mikirin kenapa ditinggal, paling mikir 'ohya mungkin ga cocok aja'. Jadi ghosting dihubungan ini ngga masalah.
3. Ada starting point
 Yang nomer 1-2 itu untuk yang belum ada omongan apa-apa. Tapi kalau udah ada statement suka, 'kita jalanin dulu aja' atau semacamnya, ini harus banget untuk ngomong mengakhiri hubungan (entah apapun itu hubungannya~). And ghosting is strictly prohibited. Kesannya udah dimulai, tapi ngga diakhiri.. kan ngga sopan. Jadi kalau ada yang ghosting dikondisi hubungan ini, itu artinya dia ngga berani bilang.

Kalau menurut kalian gimana? :)

No comments:

Post a Comment