Wednesday, June 18, 2014

Indonesia saat ini..

Akhirnya terpancing juga untuk nulis sesuatu yang berhubungan dengan pencapresan Indonesia.
Bagi yang masih menentukan pilihan, mungkin tulisan ini bisa membantu.

Aku ngga akan ngomongin visi-misi mereka, debat capres kemarin ataupun berita-berita negatif/kampanye hitam kedua capres, karena ngga akan ada habisnya bicarain itu.
Hanya 1 pertanyaan kunci:

"Apa kebutuhan yang prioritas untuk Indonesia saat ini?".

Kedua capres pasti punya kelebihan yang Indonesia butuhkan, tapi apakah kelebihan tersebut menjadi prioritas Indonesia saat ini?
Ketika kita harus milih, kita harus liat mana yang lebih penting atau lebih cocok dengan keadaan kita. Sama halnya misal, ketika kita harus milih kuliah lagi atau kerja dulu. Dua-duanya bagus, dua-duanya penting, tapi kita harus milih yang mana yang pas. Kalau kita butuh uang, yaa kerja dulu. Kalau lebih haus dengan ilmu, yaa lanjut kuliah. As simple as that.

Cobalah sekarang masyarakat Indonesia, ngeliat lagi kondisi Indonesia seperti apa lalu tentukan tindakan apa yang paling penting untuk saat ini. 

Capres yang satu bisa kerja, yang satunya lagi tegas. Kalau boleh sih aku mau kombinasi dari dua itu. Sayangnya ngga bisa. Jadi harus milih, mana yang lebih dibutuhkan saat ini juga.

Menurut pengamatanku, Indonesia ini masih berantakan - pake banget. Peraturan ngga jelas, kebijakan seenaknya, bikin ini-itu tanpa mikirin aspek makro (hanya karena uang aja), transportasi umum ngga nyaman, dan yang pastinya macet dan banyak korupsinya. Intinya kita butuh bebenah. Interaksi keluar juga penting, tapi beresin yang didalam dulu baru promosi dan kerjasama ini-itu. Percuma promosi gencar, bikin MoU sana-sini kalau pas turis dateng komentarnya "yaahh begini ternyata Jakarta" atau lebih parahnya lagi "ngga nyaman ya di Jakarta". Sedih banget ngedenger komentar langsung mereka, tapi yaa aku akui that's Jakarta.

Bahkan keterangan tempat di majalah international, walaupun itu di salah satu kota di suatu negara, mereka nyebut nama negaranya aja.. atau kalau pun mereka nyebut nama kotanya, pasti nyebut nama negaranya juga misal: Taipei, Taiwan. Tapi giliran Bali, nulisnya Bali aja. Seems like Bali bukan Indonesia. Banyak juga loh yang ngga tau kalau Bali itu Indonesia. (Yaah gagal dong yah promosi Bali, kalau Indonesia-nya ngga ikutan kebawa).

The point is, Indonesia itu ngga 'diliat' di kalangan international karena belom beres didalamnya. Jadi mereka ngeliat Bali bukan bagian dari Indonesia. Bali juga belum rapi-rapi amat sih, tapi somehow mereka 'ready' di datangin turis -atau terpaksa siap-. Jadi andaikan Jakarta dan kota-kota lain lebih rapi dari itu, pasti lebih banyak lagi turis yang dateng dan punya kesan yang baik tentang Indonesia.

Ngeberesin Indonesia didalam itu menurutku prioritas Indonesia saat ini. Silahkan kalau ada yang punya pendapat yang berbeda :)


Jadii siapa capres yang bisa ngeberesin internal Indonesia? :)


No comments:

Post a Comment